Entri Populer

Sabtu, 08 Januari 2011

Berapa Banyak Waktu Yang Kita Perlukan Untuk Tidur?

Kadang kala kita berpikir tidur hanyalah waktu yang kita perlukan untuk megistirahatkan pikiran dan badan. Namun tidur tidak sesederhana itu, beberapa faktor penting seperti pada tingkatan tidur tertentu memebantu kita menghilangkan rasa lelah dan membuat kita merasa bersemangat di keesokan harinya, pada tingkatan tertentu membantu kita untuk belajar dan mengingat kembali.

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Orang dewasa normal memerlukan tidur 7-8 jam sehari, pada bayi baru lahir memerlukan tidur 16-18 jam sehari, pada anak anak pra sekolah memerlukan tidur 10-12 jam sehari, pada anak-anak usia sekolah memerlukan tidur sekitar 9 jam sehari.

Semakin bertambah usia, orang memerlukan waktu tidur makin sedikit. Namun demikian pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Yang perlu dipertanyakan adalah seberapa nyenakkah seseorang tidur. Semakin lanjut usia maka kita akan semakin mudah untuk terbangun sehingga kualitas tidur tidak baik untuk kesehatan.

Apakah waktu yang cukup untuk tidur diperlukan?Tentu saja perlu. Kebugaran kita esok hari tidak hanya tergantung berapa lama kita tidur malam harinya namun juga seberapa baik kualitas tidur yang kita alami.

Menurut penelitian kemampuan untuk berpikir, bereaksi dan mengingat lebih baik pada orang-orang yang tidur dengan nyenyak malam harinya. Pada penelitian yang lain menyarankan kita untuk tidur dengan nyenyak agar dapat menyelasaikan suatu permasalahan dengan baik.

Tidur juga mempengaruhi mood seseorang. Orang kurang tidur biasanya akan cepat marah dan mempunyai hubungan sosial yang kurang baik. Kurang tidur yang berlangsung lama maka akan tertumpuk-tumpuk yang dapat membuat kita menjadi depresi.

Tidur yang cukup juga diperlukan untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Pada orang-orang yang kurang tidur, risiko untuk menderita penyakit darah tinggi dan jantung meningkat.

Tidur yang nyenak dan cukup akan memicu produksi hormon pertumbuhan. Hormon ini sifatnya adalah membentuk dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Hal ini yang menjelaskan mengapa dengan tidur yang cukup kita akan terhidar dari sakit dan bila kita sakit maka akan menjadi lebih cepat sembuh.

Kita mempunyai jam biologis tidur. Pada orang dewasa biasanya akan merasa ngantuk pada tengah malam sampai pukul tujuh pagi, dan kemudian pada jam satu siang hingga jam empat sore. Pada pekerja yang mempunyai jam kerja malam biasanya akan mengalami sulit tidur sepanjang hari mereka tidak bekerja atau bahkan akan tertidur sepanjang hari mereka tidak bekerja.

Mengantuk pada saat jam kerja yang biasa dialami oleh mereka yang bekerja di malam hari menempatkan mereka pada kondisi yang berbahaya untuk terjadinya kelelakaan kerja. Kekurangan tidur yang terakumulasi terus-meneruas akan dapat menyebabkan gangguan pada jantung, pencernaan, dapat menyebabkan infertil atau kemandulan dan menyebabkan terjadinya gangguan kepribadian.

Bagaimana mendapatkan tidur malam yang baik?Berikut ini hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang baik:
  • Tidurlah dan bangunlah pada waktu yang sama setiap harinya.
  • Hindari olahraga malam hari (5-6 jam sebelum tidur).
  • Hindari konsumsi kafein dan nikotin. Kafein yang terkandung dalam kopi, kola, teh dan cokelat akan menstimulasi kita untuk tetap terjaga selama 8 jam.
  • Hindari minum minuman beralkohol sebelum tidur. Alkohol menyebabkan kita tidur dalam terang meskipun penutup mata kadang-kadang dapat membantu. Anda juga akan dapat terbangun saat tengah malam apabila pengaruh sedasi dari alkohol habis.
  • Hindari makan dan minum yang terlalu banyak sebelum tidur. Makan yang terlalu banyak akan menyebabkan makanan tidak tercerna, minum yang terlalu banyak akana menyebakan kita terbangun saat malam hari untuk berkemih.
  • Minum obat-obatan sebelum tidur bila anda memiliki penyakit yang dapat menyebabkan anda terbangun saat malam hari, seperti penyakit jantung, asma, batuk, pilek dan alergi.
  • Tidur siang dapat meningkatkan vitalitas otak, namun demikian jangan tidur siang diatas jam tiga sore dan jangan tidur siang lebih dari satu jam, hal ini akan membuat anda tetap terjaga saat malam dan sulit untuk tidur.
  • Lakukan aktivitas yang merilekskan tubuh dan pikiran sebelum tidur, seperti membaca buku dan mendengarkan musik yang mengalun lembut.
  • Singkirkan hal-hal yang dapat menggangu anda tidur, seperti dering telepon, lampu yang menyala terang, televisi, tempat tidur yang kurang nyaman. Bila kamar tidur anda menggunakan AC, aturlah pada suhu yang cukup dingin, hal ini dapat membantu tidur anda lebih nyenyak.
  • Sinar matahari merupakan salah satu kunci untuk mengatur waktu tidur. Usahakan terpapar sinar matahari dengan melakukan kegiatan di luar paling tidak 30 menit setiap hari.
  • Jangan tidur-tiduran di tempat tidur jika anda masih sulit untuk tidur. Bila sudah lebih dari 20 menit, anda masih terjaga dan sulit untuk tidur, bangun dan lakukan aktivitas yang merilekskan sampai anda mengantuk. Perasaan cemas untuk tidak dapat tidur dapat membuat anda semakin sulit untuk tidur.
  • Minum suplemen yang berfungsi sebagai antioxidan alami dan sebagai pemelihara fungsi hati seperti vitamin E, curcuma dan lechitin.
  • Bila dengan langkah-langkah diatas anda masih mengalami kesulitan untuk tidur hubungi dokter keluarga anda, sebab mungkin anda mempunyai gangguan untuk memulai tidur.

1 komentar: