Entri Populer

Sabtu, 08 Januari 2011

Otitis Eksternal Akut (Swimmer’s Ear)

Otitis Eksternal akut adalah infeksi kulit pada telinga dan liang telinga. Bianyanya disebabkan oleh infeksi kuman Streptokokus, Stafilokokus dan Pseudomonas. Biasanya penyakit ini diderita oleh orang-orang yang banyak beraktivitas di air seperti pada perenang. Hal ini terjadi karena adanya air yang terperangkap pada liang telinga yang bercampur dengan wax, sehingga liang telinga menjadi basah dan lembab yang merupakan media yang baik untuk pertumbuhan bakteri.

 

Gejala awal dari otitis eksterna adalah telinga terasa penuh dan dapat terasa gatal. Kemudian liang telinga akan bengkak. Pada fase ini akan terasa sakit sekali, dengan getaran atau penekanan pada daun telinga atau bagian depan muara telinga (tragus) dapat memperberat rasa nyeri ini. Pada tingkat lanjut, wajah pada sisi telinga yang terinfeksi dapat membengkak dan menyebabkan pasien menjadi sulit membuka mulut karena nyeri sekali.

 

Pengobatan menjadi agak sulit pada otitis eksterna akut oleh karena keadaan liang telinga yang lembab dan iritasi. Oleh sebab itu liang telinga harus dijaga agar tetap kering. Jika mandi atau berenang dapat menggunakan penutup telinga yang menjaga agar air tidak masuk ke liang telinga. Penggunaan alat bantu dengar harus dilepaskan agar liang telinga tidak lembab dan tetap kering.

 

Pengobatan umum yang akan disarankan oleh dokter adalah penggunaan tetes telinga yang mengandung antibiotik dan kortikosteroid untuk mengurangi peradangan. Obat minum antibiotik kadang kala diperlukan untuk keadaan yang lebih parah. Kadang kala dokter akan melakukan penyedotan untuk menyingkirkan debris dan mengurangi jumlah bakteri pada liang telinga.

 

Berikut ini adalah beberapa solusi untuk mencegah terjadinya Otitis Eksterna Akut:

·         Kurangi kontak telinga dengan air. Penggunaan penutup telinga dapat dilakukan pada saat mandi atau berenang. Apabila masih ada juga air yang masuk lakukan pengeringan dengan menggunakan cotton bud yang lembut. Jangan menggunakan cotton bud dengan kasar yang dapat menyebabkan luka gores pada liang telinga. Jaga agar ling telinga tidak lembab.

·         Penggunaan baby oil dapat mencegah air kontak dengan liang telinga sehingga telinga tidak lembab.

·         Apabila anda sudah mengalami infeksi pada liang telinga, atau gendang telinga yang lubang, atau operasi pembuatan saluran pada gendang telinga, maka konsultasikan dahulu ke dokter anda sebelum berenang atau menggunakan obat tetes telinga.

 

Gatal pada liang telinga dapat membuat seseorang menjadi frustasi. Gatal pada liang telinga dapat merupakan gejala awal dari Otitis Eksterna akut, namun gatal pada liang telinga yang berlebihan dapat merupakan suatu dermatitis (peradangan pada kulit) atau keadaan alergi. Dermatitis yang biasa terjadi adalah dermatitis seboroika. Bila gatal pada liang telinga disebabkan oleh alergi maka akan sulit untuk menyembuhkan secara total, penggunaan obat tetes telinga yang mengandung kortikosteroid tidak dapat menyembuhkan keadaan ini namun dapat meringankan.

 

Pada beberapa Otitis Eksterna dapat dibarengi dengan masuknya benda asing pada liang telinga. Biasanya pada anak-anak yang berusaha membersihkan telinganya dengan alat yang tidak benar seperti batang daun muda. Pada orang dewasa biasanya benda asing merupakan kapas dari cotton bud yang terlepas dari batang pengaitnya. Jika hal ini terjadi maka hubungi dokter anda untuk mengeluarkanya dari telinga. Tehnik yang salah akan menyebabkan cidera pada liang telinga. Dari hasil penelitian luka yang terjadi pada liang telinga akibat benda asing adalah oleh karena usaha mengeluarkanya yang tidak menggunakan tehnik yang benar.

 

Kadang kala serangga dapat masuk ke dalam liang telinga. Bila hal ini terjadi, sebagai pertolongan awal dapat menyemprotkan air hangat pada liang telinga secara lembut, sehingga serangga akan mengikuti aliran air keluar. Pada beberapa serangga yang lebih besar dan masih hidup di dalam liang telinga maka dapat diberikan baby oil untuk membunuh serangga. Dengan baby oil maka serangga akan mati oleh karena tidak dapat bernafas, kemudian segera ke dokter untuk mengeluarkannya.

1 komentar: