Entri Populer

Sabtu, 08 Januari 2011

Demam Chikungunya

Apa penyebab Chikungunya?
Chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Chikungunya memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit yang disebabkan oleh viruslainnya yaitu demam dan kemerahan, namun yang khas pada chikungunya adalah nyeri pada persendian (artritis) yang berat. Chikungunya jarang menyebabkan kematian (tidak mengancam nyawa). Namun demikian Chikungunya dapat menyebar dengan cepat.

Dari Manakah asal muasal Chikungunya?
Gejala Chikungunya pertama kali diketahui pada tahun 1824 di India dengan gejala demam, kemerahan pada tubuh dan nyeri pada persendian. Namun baru pada tahun 1952 virus penyebab Chikungunya dapat diisolasi baik dari manusia maupun dari nyamuk. Penyakit ini menjadi epidemik setiap 7-8 tahunan, namun sudah hampir 20 tahun Chikungunya tidak pernah dilaporkan sebagai epidemik. Pada tahun 1999, Chikungunya dilaporkan lagi sebagai epidemik di Indonesia.

Bagaimana Membedakan Chikungunya dengan Demam Berdarah?
Chikungunya memiliki gejala yang hampir mirip dengan penyakit Demam berdarah, namun demikian gejala nyeri persendian yang sangat membedakan penyakit ini dengan penyakit lain yang disebabkan oleh virus. Dengan pemeriksaan darah lengkap maka akan ditemukan hasil yang normal pada Chikungunya sedangkan pada demam berdarah akan ditemukan penurunan trombosit.

Bagaimana penanganan Chikungunya?
Penanganan Chikungunya hanya bersifat simtomatis, artinya yang diobati hanya gejala yang muncul saja, oleh karena penyakit ini dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam waktu satu minggu sejak gejala pertama kali muncul. Contoh pengobatan simtomatis yang dapat dilakukan adalah memberikan obat anti nyeri dan anti radang apabila nyeri persendian tidak dapat tertahan, memberikan obat penurun panas apabila panas tinggi dan memberikan vitamin agar vitalitas dan stamina tubuh dapat lebih baik.
Bila gejala semakin berat dan kondisi tubuh semakin lemah, segera bawa ke rumah sakit terdekat.

Bagaimana mencegah Chikungunya?
  • Nyamuk Chikungunya biasanya menggigit penderita pada saat siang hari.
  • Jadi gunakanlah pakaian yang tertutup sampai ke tangan dan kaki semala beraktivitas.
  • Gunakan lotion anti nyamuk selama beraktivitas.
  • Gunakan obat pembasmi nyamuk seperti melakukan pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa.
  • Gunakan jala atau kelambu bila istirahat pada saat siang hari.

Bagaimana Mengurangi jumlah nyamuk dewasa?
Lakukan 3 M:
  1. Menguras tempat penampungan air bersih sedikitnya 2 kali dalam satu minggu.
  2. Mengubur sampah-sampah yang dapat menyebabkan genangan air seperti kaleng, botol dan lain-lain.
  3. Menutup tempat penampungan air, seperti tempat menampung air minum, bak mandi dan lain-lain.

2 komentar: