Entri Populer

Senin, 03 Januari 2011

KENCING MANIS? BUKAN MASALAH (DIABETES MELITUS)

Kencing manis, yang dalam bahasa kedokteran disebut sebagai diabetes melitus, merupakan suatu penyakit degeneratif, yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah. Kencing manis ada dua tipe. Tipe 1 adalah kencing manis yang biasa diderita oleh anak-anak, dimana pancreas tidak dapat menghasilkan insulin sama sekali oleh karen kelainan genetik, sehingga tipe ini juga disebut sebagai kencing manis tergantung insulin. Tipe 2 adalah kencing manis yang biasanya diderita oleh orang dewasa dan lanjut, dimana pancreas mengalami kerusakan sehingga produksi insulin tidak mencukupi dari yang diperlukan tubuh untuk mengontrol gula darah. Pada tipe 2 ini juga terjadi resistensi sel terhadap insulin sehingga pancreas harus bekerja keras untuk menghasilkan insulin yang melebihi normal agar kadar gula darah dapat normal.

Kencing manis adalah penyakit yang cukup ditakuti oleh masyarakat, oleh karena secara umum penderita kencing manis akan mengalami banyak komplikasi. Komplikasi-komplikasi yang dapat terjadi antara lain adalah kebutaan, luka pada kaki yang sulit sembuh dan dapat menyebabkan kematian jaringan dan tidak jarang sampai dilakukan amputasi, komplikasi pada jantung dan pembuluh darah yang dapat tersumbat dan dapat menyebabkan serangan jantung mendadak yang dapat menyebabkan kematian, komplikasi pada ginjal yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan tidak jarang penderita kencing manis berakhir pada ruang cuci darah di rumah sakit, dan yang menarik banyak perhatian adalah impotensi. Apakah anda salah satu penderita kencing manis? Atau apakah anda salah satu masyarakat yang mengalami ketakutan yang berlebihan terhadap penyakit ini sehingga menhindari mengkonsumsi gula-gula? Jangan khawatir sebab kencing manis adalah penyakit yang sebenarnya sangat mudah ditangani dan kita juga dapat ”bersahabat” dengan penyakit ini.

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab kencing manis adalah berkurangnya produksi insulin oleh pancreas oleh karena berbagai sebab, oleh karena itu untuk dapat terhindar dari penyakit ini maka kita harus menjaga kesehatan pancreas sebaik-baiknya. Apakah menjaga pancreas itu sulit? Tidak sulit, pancreas merupakan organ tubuh yang cukup kuat dan tidak memerlukan banyak perlakuan yang spesial. Cukup dengan berolah raga secara teratur dan mengatur pola makan saja sudah cukup.

Pola makan yang baik untuk kesehatan pancreas adalah pola makan yang sedikit-sedikit namun sering. Bila anda adalah orang yang hanya makan sehari 2 kali, maka ubahlah kebiasaan makan anda menjadi 3 kali dalam sehari dengan porsi yang 2/3 dari porsi biasanya. Dengan demikian maka dalam sehari anda tetap mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sama dari biasanya. Anda yang sudah terbiasa makan 3 kali dalam sehari maka buatlah 2 kali waktu luang diantara makan untuk camilan. Dengan catatan porsi makan anda harus dikurangi menjadi 2/3 dari biasanya.

Bagi anda yang sudah menderita kencing manis maka jangan panik dan jangan takut. Kencing manis tidak akan merenggut apa-apa dari anda asalkan anda tetap menjaga kadar gula darah anda dibawah 200mg/dL atau kadar gula darah yang saya sebut sebagai kadar gula darah sehat pada penderita kencing manis. Dengan kadar gula darah sehat maka komplikasi-komplikasi yang telah disebutkan diatas tidak akan pernah terjadi dan anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti pada orang sehat. Apabila komplikasi sudah terjadi jangan khawatir sebab komplikasi ini akan berangsur-angsur membaik namun perlu waktu asalkan anda tetap menjaga kadar gula darah sehat anda.

Untuk mencapai kadar gula darah sehat, maka olahraga dan pengaturan pola makan tetap dilakukan selain itu bagi mereka penderita kencing manis harus mengkonsumsi obat pengotrol gula darah atau menyuntikkan insulin secara mandiri dan teratur. Saat ini sudah terdapat obat pengontrol gula darah, baik minum maupun insulin suntik yang hanya dikonsumsi sekali dalam sehari.

2 komentar: