Entri Populer

Rabu, 19 Januari 2011

SUDAHKAH ANDA CUKUP MINUM HARI INI?

Apakah anda tahu bahwa anda sudah cukup atau masih kurang minum hari ini? Cukup minum adalah penting bagi tubuh manusia, oleh karena banyak fungsi tubuh akan terhambat jika tubuh kita kekurangan air (dehidrasi).

Tubuh kita sekitar 75% terdiri dari air. Sebagian besar air merada di dalam sel (intra sel) dan sebagian kecil berada di luar sel (ekstra sel). Air yang berada di luar sel contohnya pada pembuluh darah (bercampur dengan darah) dan diantara sel yang satu dengan yang lain (inter sel).

Apa yang dimaksud tubuh kekurangan air (dehidrasi)? Dehidrasi merupakan suatu keadaan dimana air yang keluar dari tubuh lebih banyak daripada yang masuk ke dalam tubuh (melalui minum). Air keluar dari tubuh melalui tiga cara yaitu melalui pernafasan (melembabkan udara pernafasan), melalui keringat, melalui buang air kecil dan buang air besar. Oleh sebab itu kita harus minum cukup air untuk mengganti air yang hilang.

Beberapa penyakit yang dapat meningkatkan hilangnya air dari tubuh antara lain diare, muntah, kencing manis (diabetes) dan luka bakar. Pada diare akan banyak sekali tubuh kehilangan air, bukan saja air yang diminum tidak diserap oleh tubuh, namun juga saluran pencernaan mengeluarkan banyak cairan untuk membersihkan saluran makanan dari zat atau bakteri yang tidak diinginkan oleh tubuh.

Pada muntah, akan banyak cairan yang dikeluarkan dan air yang diminum sebagian besar tidak dapat diserap oleh tubuh, karena sebagian kecil saja yang dapat masuk ke dalam saluran pencernaan untuk dapat diserap. Pada kencing manis, keluarnya glukosa (gula) kedalam saluran kencing oleh karena bocornya system penyaringan ginjal, menyebabkan air ikut bocor bersama dengan glukosa dan banyak dibuang melalui air kencing. OLeh sebab itu pada penderita kencing manis, salah satu gejalanya adalah banyak kencing.

Kulit berfungsi sebagai tameng bagi tubuh agar tidak terjadi penguapan yang berlebihan. Pada keadaan luka bakar, maka fungsi ini sangat jauh berkurang, sehingga pada daerah-daerah kulit yang mengalami luka bakar akan terjadi peningkatan penguapan, sehingga lebih banyak air yang hilang dari tubuh.

Apabila tubuh kita kekurangan cairan, maka respon pertama kali yang muncul adalah rasa haus dan tubuh akan berusaha mengurangi pengeluaran air dari tubuh, misalnya dengan memekatkan air kencing sehingga akan berwarna lebih kuning dan lebih pekat, air mata dan keringat akan dihentikan produksinya. Dan apabila keadaan dehidrasi terus berlanjut, maka akan muncul gejala-gejala yang lebih berat seperti kerap pada otot, sakit kepala dan gelap saat berdiri dan berjalan, mual dan muntah, jantung berdebar lebih kencang. Dalam keadaan yang sudah parah, maka akan timbul gejala seperti pingsan, kegagalan fungsi-fungsi organ tubuh, oleh karena kekurangan suplai darah dan akhirnya bisa koma dan meninggal.

Tempat-tempat yang sering menyebabkan kita dehidrasi tanpa sengaja adalah tempat-tempat tertutup dan ber AC dan temapat-tempat dengan angin yang cukup kencang dan kering. Bagaimana mengetahui kita kekurangan air atau tidak? Rata-rata kebutuhan cairan orang dewasa di Indonesia antara 1,5 – 2 L per hari, namun demikian dalam keadaan cuaca yang panas, bekerja, berolahraga, dan aktivitas yang berlebihan akan meningkatkan kebutuhan air. Cara yang paling mudah dalam mendeteksi kekurangan air adalah dengan memperhatikan warna dari air kencing kita. Usahakan warna air kencing kita sebening (warna kuning sangat sedikit) mungkin. Bila warna kencing kita masih kuning apalagi pekat maka sudah dapat dipastikan kita kekurangan minum. Maka minumlah air sebanyak mungkin yang dapat membuat warna air kencing lebih bening. Namun perlu diingat terlalu banyak minum air juga kurang baik bagi tubuh.

1 komentar: