Entri Populer

Kamis, 20 Januari 2011

Kerempeng? Ga Keren (Meningkatkan Berat Badan Secara Sehat)

Pada sebagian orang, kegemukan adalah masalah yang membuat mereka stress, namun pada sebagian lagi menaikkan berat badan adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, dan sebaliknya kehilangan berat badan adalah hal yang mudah bagi mereka. Apa yang harus dilakukan bagi mereka yang sulit menaikkan berat badan?

Mencari opini pada dokter merupakan solusi yang paling beralasan. Sebelum mengganti pola makan dan aktivitas sehari-hari, maka ada beberapa penyakit yang harus disingkirkan. Maksud dari disingkirkan disini adalah anda akan disarankan untuk melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan tidak menderita penyakit ini. Ada dua penyakit yang harus dipastikan tidak ada yaitu kencing manis dan hypertiroid.

Jika memang tidak ada kelainan pada kesehatan maka kita dapat memulai program diet dan perencanaan aktivitas untuk menaikkan berat badan. Prinsip yang perlu ditekankan pada peningkatan berat badan adalah keseimbangan kalori. Kalori merupakan satuan energy yang didapat dari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari sangat bervariasi, tergantung dari berat badan, umur, jenis kelamin dan aktivitas. Pada dasarnya untuk menaikkan berat badan adalah dengan menambah kalori 1000 sampai 2000 kalori dalam makanan per hari untuk meningkatkan berat badan sekitar satu sampai dua kilogram per minggu.

Ada beberapa nutrisi penting yang harus diperhatikan dalam diet dalam rangka meningkatkan berat badan secara sehat. Nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Nutrisi-nutrisi tersebut harus dikonsumsi secara seimbang.

Berikut akan disampaikan beberapa kelompok makanan yang dapat dikonsumsi secara seimbang. Karbohidrat banyak terdapat dalam nasi, roti, kentang, jagung , ketela, sagu, kacang-kacangan dan beberapa biji-bijian. Setiap gram karbohidrat yang dikonsumsi akan menghasilkan 5 kalori. Lemak akan menghasilkan kalori yang cukup besar, yaitu 9 kalori untuk tiap gram lemak yang kita makan. Usahakan untuk mengkonsumsi lemak dalam bentuk lemak tak jenuh. Lemak trans dan lemak jenuh tidak baik untuk kesehatan. Lemak jenuh dan lemak trans banyak terdapat pada mentega dan minyak goring bekas. Sumber lemak yang baik adalah lemak yang berasal dari kacang-kacangan tau biji-bijian dan lemak dari ikan (banyak mengandung omega-3).

Protein banyak terdapat dalam daging, susu dan telur. Protein akan menghasilkan 4 kalori dari tiap gram protein yang kita konsumsi. Protein ini penting selain sebagai sumber energy, juga untuk membentuk otot. Vitamin dan mineral merupakan kelompok pendukung yang banyak terdapat dalam buah-buahan, sayur-sayuran dan air yang kita konsumsi. Kita harus mengkonsumsi cukup vitamin dan mineral untuk mengoptimalkan kondisi tubuh, sehingga program diet kita dapat berjalan dengan baik.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang-orang yang sulit menaikkan berat badan adalah kesibukan mereka yang menyebabkan waktu makan mereka selau berubah-ubah. Hal ini sangat tidak baik dalam rangka usaha meningkatkan berat badan. Dalam rangka meningkatkan berat badan, maka makan harus teratur, oleh karena dengan makan teratur akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mengolah makanan menjadi kalori dengan lebih baik. Gunakan pengingat waktu seperti alarm wktu, untuk mengingatkan kita untuk makan tepat pada waktunya.

Berikut ada beberapa contoh aktivitas dan kalori yang diperlukan (pada berat badan 50 kg):
·         Tidur dalam 8 jam memerlukan kurang lebih 600 kalori.
·         Pekerjaan di kantor secara umum dalam 8 jam memerlukan kurang lebih 1000 kalori.
·         Mengendarai mobil dalam 1 jam memerlukan kalori kurang lebih 175 kalori.
·         Menyiapkan makanan dalam 1 jam memerlukan kalori kurang lebih 225 kalori.
·         Makan dan duduk-duduk dalam 1 jam memerlukan kurang lebih 125 kalori.
·         Mandi dalam 30 menit memerlukan kurang lebih 100 kalori.
·         Membersihkan rumah ringan dalam 30 menit memerlukan kurang lebih 125 kalori.
·         Berbelanja di supermarket dengan menggunakan kereta dorong dalam 30 menit memerlukan kurang lebih 100 kalori.
·         Mengajak jalan-jalan anjing peliharaan dalam 30 menit memerlukan kurang lebih 125 kalori.
·         Berolahraga lari dalam 30 menit memerlukan kurang lebih 425 kalori.
·         Berpakaian dan melepas pakaian dalam 30 menit memerlukan kurang lebih 100 kalori.
·         Menonton TV dalam 2 jam memerlukan kurang lebih 175 kalori.

2 komentar: